21 Mei 2010

Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo terletak hampir diujung selatan jalan Malioboro,lebih tepatnya Jl.Jendral A.Yani No.16 Yogyakarta. Dari depan, Beringharjo agak sulit dikenaili sebagai pasar, kecuali jika membaca plang nama di atas pintu masuknya. Konon, Pasar Beringharjo adalah tempat paling lengkap untuk mencari oleh-oleh khas Yogyakarta.

Didepan sisi selatan, berderet beberapa kios. Trotoar yang cukup luas didepan kios-kios itu dipenuhi pedagang. Tidak jaud berbeda dengan trotor disepanjang Jalan Malioboro. Perbedaanya terdapat pedagang yang menjual aneka makanan, seperti pecel, gudeg & jajanan pasar seperti klepon juga bakpia.

Ketika melewati pintu masuk, saat tiba didalam, langsung tampak aneka motif pakaian batik bergantungan. Lorong-lorong dipenuhi kios pedagang batik. Batik-batiknya bagus-bagus. Harganya pun murah. Terutama kalau bisa menawar

Masuk lebih dalam akan dijumpai los penjual kerajinan seperti kerajinan untuk hiasan, upacara adat, pernikahan, kesenian, dan lainnya.

Gang disebelah selatan Pasar Beringharjo juga digunakan untuk berdagang. Deretan ruko lama dan kios menjual rupa-rupa dagangan. Bahkan, ada juga yang menjual barang-barang bekas dan kuno, seperti setrika arang, mesin ketik, toples kaca, uang koin lama dan lainya.