8 Feb 2010

Batik Indonesia


Tentunya anda sudah tahu apa itu yg dinamakan batik, batik adalah salah satu warisan budaya yg kita miliki. Batik adalah semacam kain yg dilukis dg pewarnaan naptol.
Batik biasanya terdapat di daerah Jawa tengah seperti: Solo, Pekalongan, Jogjakarta dll. Di setiap daerah pasti ada ciri khas batiknya masing-masing. Selain itu batik terdapat berbagai motif smotif yang terkenal adalah motif mega mendung. Motif ini banyak di pakai dikalangan artis dan pejabat di Indonesia. Selain mega mendung ada motif lain seperti kawung, tumpal, liris, lereng pilin dll yg biasa dipakai
Berdasarkan sejarahnya batik dibedakan menjadi 2 yaitu: Batik kraton dan batik pesisiran. Batik kraton adalah jenis batik yg dikembangkan dan digunakan di lingkungan kraton. Batik pesisiran yaitu batik yg dikembangkan diluar kraton.
Kain batik ini pernah di akui oleh negara lain, pasti karena keindahan motif/coraknya. Tapi sekarang batik suda di daftarkan di UNESCO sebagai warisan budaya. Di Kota Pekalongan terdapat Museum Batik di Jalan Jatayu yg didalamnya terdapat berbagai jenis batik di seluruh Indonesia.
Oleh karena itu marilah kita lestarikan warisan budaya kita dengan mamakainya di setiap tempat dan waktu.